Embracing The “NEW NORMAL”
Our routines have completely changed as our lives are upheaved by Covid-19. Work, school, home and social lives have all been significantly altered. All the changes that have taken place become our new normal.
As the world starts to reopen after months of lockdown, business activities gradually resume albeit with much higher caution. As business leaders prepare their employees to embrace the new normal, here are some steps to consider:
1. Change mindset
Getting used to the new normal is
the key to survive instead of indefinitely waiting on the sideline.
Anticipating the road ahead will be tough as the whole world is trying to
make a come back. Expect other “wars” even after we win against Covid-19. Be
realistic, be vigilant and be prepared.
2. Implement new guidelines
As government imposes new
health and safety regulations, companies also need to set up new policies
for their employees to adhere to. Strict guidelines must be practiced
diligently without compromise to ensure safety. To keep business afloat, new
business strategies must be adopted to keep existing clients and to win new
ones. Be flexible when needed, be creative at all times.
3. Build up confidence
As much as we need to reassure
our clients that they will continue to get the best services, we also need
to motivate our employees to ensure that they will continue to deliver the
best. Make our clients and employees believe that they can depend on us
before and after the crisis. Be a leader, a good one.
4. Embrace technology
Implement digital transformation
throughout your company. Optimize digital marketing. Make technology work
for you. Accept that virtual is the new real.
5. Use capital efficiently
Reduce costs and save
capital. Consider remote workforce. Use Serviced Office, Coworking Space or
Virtual Office to reduce capital and overheads. Invest in human resources.
Be smart in spending your dollars.
Embracing the new normal does not have to be unpleasant if you are willing to change your mindset and behavior for survival. After all, Charles Darwin once said: “It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent that survives. It is the one that is most adaptable to change”.
The above article is contributed by Amethyst Executive Suites, provider of Serviced Office, Coworking Space and Virtual Office with offices located at Sahid Sudirman Center, Jl. Sudirman (Central Jakarta CBD) and 18 Office Park, Jl. Simatupang (South Jakarta CBD). To find out more about our services and promotional offers, please visit www.amethystsuites.com or call +62 896 3694 1711 (Sahid Sudirman Center) or +62 896 3694 1722 (18 Office Park).
Hidup Dengan Kenormalan Baru (“NEW NORMAL”)
Rutinitas kita telah berubah total dan hidup telah kita dikacaukan oleh perubahan-perubahan yang disebabkan Covid-19. Kerja, sekolah, rumah dan kehidupan sosial kita semua berubah. Semua perubahan yang terjadi ini merupakan kenormalan baru (“new normal”).
Saat ini banyak negara di dunia sudah kembali memulai kegiatan ekonomi setelah “lockdown” berbulan-bulan, kegiatan bisnis juga sudah dimulai lagi walaupun dengan sangat berhati-hati. Bagi pemimpin bisnis ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mempersiapkan karyawan mereka bekerja kembali:
1. Ubah pola berpikir (“mindset”)
Membiasakan diri
dengan kehidupan normal baru adalah kunci untuk bertahan hidup, bukan
dengan terus menanti. Tetaplah berantisipasi akan banyaknya kesulitan
yang akan dihadapi kedepannya karena seluruh dunia baru mulai bangkit.
Bersiaplah akan kemungkinan akan adanya “perang-perang” lain walau kita
sudah mengatasi Covid-19. Bersikaplah secara realistis, berhati-hati dan
selalu bersiap-siap.
2. Terapkan pedoman baru
Dengan adanya peraturan
kesehatan dan keselamatan yang baru dari pemerintah,
perusahaan-perusahaan juga harus membuat kebijakan baru yang harus
dipatuhi oleh karyawan mereka. Pedoman yang ketat harus ditaati
sepenuhnya untuk menjamin keselamatan. Agar bisnis tetap bertahan,
strategi baru harus diambil untuk menjaga nasabah lama dan mendapatkan
nasabah baru. Bersikaplah fleksibel jika diperlukan, dan harus selalu
kreatif.
3. Bangun kepercayaan
Selain meyakinkan nasabah
bahwa mereka akan terus mendapatkan layanan yang terbaik, kita juga
harus memberikan motivasi kepada karyawan agar mereka bisa terus
melayani dengan sebaik mungkin. Berikan keyakinan kepada nasabah dan
pegawai bahwa mereka bisa mengandalkan anda sebelum maupun setelah
krisis. Jadilah pemimpin yang baik.
4. Terapkan teknologi
Lakukan transformasi digital
di perusahaan secara luar dalam. Optimalkan digital marketing. Pakailah
teknologi untuk membantu anda. Terimalah kenyataan bahwa virtual
(“maya”) sudah menjadi kenyataan.
5. Gunakan modal dengan efisien
Kurangi biaya dan
gunakan modal dengan efisien. Pertimbangkan pegawai untuk bekerja dari
jarak jauh. Gunakan Serviced Office, Coworking Space atau Virtual Office
untuk menghemat modal dan biaya operasi. Investasikan modal ke sumber
daya manusia. Harus cerdik sewaktu memakai uang anda.
Hidup dengan kenormalan baru bisa menyenangkan jika anda mau merubah pola berpikir dan perilaku demi bertahan. Charles Darwin pernah mengatakan: ”Bukan yang terkuat yang akan bertahan, bukan pula yang terpandai. Tetapi yang paling bisa menyesuaikan diri kepada perubahan”.
Artikel di atas dikontribusikan oleh Amethyst Executive Suites, penyedia Serviced Office, Coworking Space dan Virtual Office dengan kantor yang berlokasi di Sahid Sudirman Center, Jl. Sudirman (CBD Jakarta Pusat) dan 18 Office Park, Jl. Simatupang (CBD Jakarta Selatan). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan sewa kantor dan penawaran promo kami, silahkan mengunjungi www.amethystsuites.com atau telepon +62 896 3694 1711 (Sahid Sudirman Center) atau +62 896 3694 1722 (18 Office Park).