Managing Remote Workforce Effectively


Working remotely has become the new normal as the world is adapting to new life with coronavirus. Many companies are looking to continue the practice in the long run. Twitter, for example, has offered staff the option of working from home permanently. Facebook has announced plans to shift towards a more remote workforce as long-term trend.

For employees, working from home means more flexibility as they no longer have to commute hours to get to work. For employers, this translates into cost-savings as they no longer have to invest in big city office. For many managers, however, this may mean the loss of regular control, creating new challenges that they have never experienced before. Below is guidance that can help them manage the situation better:

Set clear expectations
- Create and communicate clear goals, make everyone accountable for his/her part
- Instill “business as usual” mindset

Establish targets
- Motivate employees to remain productive by setting realistic targets
- Measure performance objectively against agreed targets

Communicate effectively
- Give your employees as much access to you as possible
- Stay connected with your remote employees

Schedule virtual meetings
- Discuss issues openly and encourage participation
- Use brainstorming process to engage everyone

Maintain team morale
- Recognize contributions and celebrate accomplishments
- Give regular coaching and training

Working and managing remotely requires trust as foundation. It is not so much about trusting people to work from 9 to 5 but rather trusting that they will accomplish what they are expected and have agreed to. It is about accountability. To create high degree of accountability, managers need to maintain an honest, transparent, on-going communication platform.

Humans are social species who need social interactions in nearly every aspect of their life. Working remotely may not be ideal for everyone, but as it is here to stay, we have no choice but to adapt and make the best of it.

The above article is contributed by Amethyst Executive Suites, provider of Serviced Office, Coworking Space and Virtual Office with offices located at Sahid Sudirman Center, Jl. Sudirman (Central Jakarta CBD) and 18 Office Park, Jl. Simatupang (South Jakarta CBD). To find out more about our services and promotional offers, please visit www.amethystsuites.com or call +62 896 3694 1711 (Sahid Sudirman Center) or +62 896 3694 1722 (18 Office Park).



Mengelola Tenaga Kerja Jarak Jauh Secara Efektif

Bekerja dari jarak jauh telah menjadi kenormalan baru pada saat ini di mana seluruh dunia mulai beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan virus korona. Banyak perusahaan berniat untuk mempraktekkannya dalam jangka panjang. Twitter, misalnya, telah menawarkan pilihan kepada stafnya untuk bekerja dari rumah secara permanen. Facebook juga telah mengumumkan rencana untuk mempekerjakan lebih banyak tenaga kerja jarak jauh sebagai tren jangka panjang.

Bagi karyawan, bekerja dari rumah berarti lebih fleksibel karena mereka tidak perlu menghabiskan waktu di jalan. Bagi pengusaha, ini berarti penghematan biaya karena mereka tidak perlu lagi berinvestasi di kantor kota-kota besar. Namun, bagi para manajer ini merupakan suatu tantangan baru karena mereka tidak bisa lagi mengontrol staf mereka seperti dulu. Di bawah ini ada beberapa pedoman yang bisa diterapkan untuk mengatasinya:

Komunikasikan ekspektasi anda dengan jelas
- Masing-masing karyawan harus mengerti jelas dan bertanggung jawab atas pekerjaannya
- Tanamkan pola pikir "bisnis seperti biasa"

Tentukan target
- Tentukan target yang realistis sebagai motivasi untuk tetap produktif
- Dengan adanya target, kinerja karyawan bisa diukur secara objektif

Berkomunikasi secara efektif
- Berikan karyawan anda sebanyak mungkin akses untuk berkomunikasi dengan anda
- Pastikan anda tetap terhubung dengan karyawan

Jadwalkan pertemuan secara virtual
- Diskusikan masalah secara terbuka dan minta semua untuk berpartisipasi
- Pakailah proses brainstorming sehingga semua staf ikut terlibat

Pertahankan semangat juang tim
- Hargai kontribusi dan rayakan prestasi karyawan anda
- Berikan pembinaan dan pelatihan secara teratur

Bekerja dan mengurus karyawan dari jarak jauh harus didasarkan kepercayaan. Ini bukan semata-mata berarti mempercayai bahwa karyawan akan bekerja dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore, tetapi lebih kepada kepercayaan bahwa mereka akan bekerja sesuai ekspektasi dan target yang telah disepakati. Artinya ada akuntabilitas atau tanggung jawab dari karyawan itu sendiri tanpa harus selalu dikontrol. Untuk menciptakan rasa tanggung jawab yang tinggi, manajer perlu menciptakan suasana kerja yang jujur, transparan disertai komunikasi terus-menerus.

Manusia adalah spesies sosial yang membutuhkan interaksi sosial di hampir setiap aspek kehidupan mereka. Bekerja dari jarak jauh mungkin tidak ideal bagi semua orang, tetapi kita tidak punya pilihan selain menyesuaikan diri sebaik mungkin.

Artikel di atas dikontribusikan oleh Amethyst Executive Suites, penyedia Serviced Office, Coworking Space dan Virtual Office dengan kantor yang berlokasi di Sahid Sudirman Center, Jl. Sudirman (CBD Jakarta Pusat) dan 18 Office Park, Jl. Simatupang (CBD Jakarta Selatan). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan sewa kantor dan penawaran promo kami, silahkan mengunjungi www.amethystsuites.com atau telepon +62 896 3694 1711 (Sahid Sudirman Center) atau +62 896 3694 1722 (18 Office Park).

Popular posts from this blog

Virtual Office @ Jakarta: Amethyst Executive Suites

Tips To Choose Serviced Office And Coworking Space

Flexible Office @ Amethyst Executive Suites